Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Pembelian Parfum Berbasis Website

Main Article Content

Haris William
Arita Witanti

Abstract

Ada banyak toko yang membuka usaha penjualan produk wewangian, salah satunya adalah Evelyn Perfum, kondisi seperti ini membuat banyak persaingan di dunia bisnis. Maka dibuatlah sebuah sistem berbasis web dengan mengolah data transaksi penjualan menjadi informasi yang dapat membantu pemliki toko Evelyn Perfum dalam meningkatkat strategi penjualan. Sistem ini menggunakan algoritma apriori dengan metode Association Rules. Aturan asosiasi adalah salah satu teknik penambangan data yang digunakan untuk menentukan hubungan antara item dalam kumpulan data yang telah ditentukan sebelumnya. Sistem ini dapat menentukan  kombinasi dari kumpulan itemset, pembentukan kaidah asosiasi 2 itemset atau 3 itemset, perhitungan nilai support dan nilai confidence. Berdasarkan tabel analisa data transaksi penjualan periode 1 Januari 2020 sampai dengan 18 Juli 2020 mengetahui 2 itemset tertinggi adalah Pale Angel Wk => Catty Parry sebesar 51,52%.

Article Details

Section
Articles