Analisis Kualitas Layanan E-Government Dispendukcapil Surabaya Menggunakan E-GovQual dan Importance Performance Analysis

Isi Artikel Utama

Indira Setia Amalia
Clariza Risanti
Rivaldo Hadi Winata
Helmy Kurniawan

Abstrak

Penerapan E-Government menjadi salah satu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung penyelenggaraan pemerintahan untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi pemerintahan serta meningkatkan pelayanan publik. Salah satu pelayanan publik yang sering dijumpai adalah kependudukan. Kota Surabaya adalah salah satu kota yang menerapkan E-Government dalam urusan kependudukan dan dan pencatatan sipil. Layanan E-Government berupa website Dispendukcapil Surabaya ini akan diukur menggunakan metode E-GovQual dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengukur kualitas layanan dan mengetahui kualitas layanan Dispendukcapil Surabaya. Hasil dari penelitian menunjukan nilai tingkat kesesuaian sebesar 79.04% yang berarti layanan Dispendukcapil Surabaya masih belum dapat memenuhi harapan pengguna dengan hasil dari kuadran pada IPA menunjukan prioritas utama pada atribut design (CAI4) dan atribut pencarian (EU2).

Rincian Artikel

Bagian
Articles