Implementasi Analisis Sentimen Terhadap Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dalam menjalankan tugasnya sebagai penghasil lulusan yang siap kerja dan digunakan oleh industri, tentunya Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) juga harus menerapkannya secara menyeluruh, termasuk juga dalam upaya mengetahui respon atau mendapat masukan dari masyarakat terkait dengan eksistensi UMBY. Sehingga dalam penelitian ini dirumuskan bagaimana membuat peta analisis sentimen yang berisikan respon/feedback/komentar masyarakat dalam media sosial terkait dengan berbagai hal yang ada di UMBY. Pendekatan yang dilakukan dalam penyelesaian masalah dimulai dari pengumpulan data, preprocessing (cleansing, tokenizing, dan case folding), dan klasifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil sentimen analisis dengan menggunakan tagar #umby diperoleh data tweet sebanyak 179 data. Dengan hasil klasifikasi positif sebanyak 57 data (32%), negatif sebanyak 30 data (17%), dan netral sebanyak 92 data (51%).
Rincian Artikel
Referensi
Hartanto. (2017). Text Mining Dan Sentimen Analisis Twitter Pada Gerakan LGBT. Intuisi, Vol.9, No. 1, E-ISSN : 2541-2965, P-ISSN : 2086-0803, 18-25.
Liu, B. (2012). Sentiment Analysis and Opinion Mining. California: Morgan & Claypool.
Mahardhika, Y. S., & Zuliarso, E. (2018). Analisis Sentimen Terhadap Pemerintahan Joko Widodo Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Naives Bayes Classifier. SINTAK, ISBN: 978-602-8557-20-7 (hal. 409-413). Semarang: SINTAK.
Putranti, N. D., & Winarko, E. (2014). Analisis Sentimen Twitter untuk Teks Berbahasa Indonesia dengan Maximum Entropy dan Support Vector Machine. IJCCS, Vol.8, No. 1, ISSN : 1978-1520, 91-100.
Rozi, I. F., Hamdana, E. N., & Alfahmi, M. B. (2018). Pengembangan Aplikasi Analisis Sentimen Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier (Studi Kasus SAMSAT Kota Malang). Jurnal Informatika Polinema, Vol. 4, Ed. 2, ISSN : 2407-070X, 149-154.
Septiani, L., & Sibaroni, Y. (2019). Sentiment Analysis Terhadap Tweet Bernada Sarkasme Berbahasa Indonesia. Jurnal Linguistik Komputasional, Vol. 2, No. 2, e-ISSN : 2621-9336, 62-67.
Vidya, N. A. (2015). Twitter Sentimen Analysis Terhadap Brand Reputation : Studi Kasus PT XL Axiata Tbk. Jakarta: Universitas Indonesia.