Perancangan E-Business Berbasis Web Pada Toko Hamzah Batik Menggunakan Metode Analisa SWOT dan PEST

Isi Artikel Utama

Puja Waldi Nadeak
M. Anjas Leonardi
M. Irfan Bahri
Putri Taqwa Prasetyaningrum

Abstrak

E-Business merupakan salah satu perkembangan teknologi dan internet, yaitu sebuah layanan digunakan untuk jual beli online. E-Business adalah penjualan, pemasaran produk melalui sistem elektronik seperti internet atau jaringan computer lainnya. Dalam penelitian ini penulis menemukan permasalahan yang terjadi yaitu belum adanya sistem informasi penjualan khusus Hamzah Batik untuk menyebarluaskan penjualan, belum tersedianya fasilitas yang berfungsi sebagai media pemasaran produk kepada masyarakat sehingga sulit memberikan informasi mengenai berbagai macam produk seperti yang ditawarkan di Hamzah Batik. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah analisa SWOT dan PEST. Analisa SWOT merupakan metode perencanaan strategis untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proses bisnis. Serta metode analisa ini digunakan untuk merumuskann secara sistematis strategi keputusan terkait hal penting dalam sebuah perusahaan. Analisa PEST merupakan metode yang digunakan untuk analisi lingkungan ekternal yang dapat mempengaruhi guna mencapai sasaran bisnis perusahaan. Analisa ini meliputi analisis faktor politik, ekonomi, sosial, dan teknologi

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

[1] R. S. Bura and A. Wijaya, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Politeknik Bhakti Semesta Menggunakan Metode Ward and Peppard,” J. Inf. Technol. Ampera, vol. 3, no. 2, pp. 66–78, 2022, doi: 10.51519/journalita.volume3.isssue2.year2022.page66-78.
[2] O. Ropiah, L. M. Indrayani, T. Muhtadin, and S. Yuliawati, “Semiotika Batik Paseban Kabupaten Kuningan (Semiotics of Paseban Batik, Kuningan Regency),” Indones. Lang. Educ. Lit., vol. 7, no. 2, p. 358, 2022, doi: 10.24235/ileal.v7i2.9090.
[3] Y. Parizeau, “Enterprise Architecture for Complex Government and the Challenge of Government On-Line in Canada,” J. Chem. Inf. Model., vol. 8, no. 9, pp. 1–58, 2017.
[4] M. Lankhorst and H. Van Drunen, “Enterprise Architecture Development and Modelling - Combining TOGAF and ArchiMate,” Via Nov. Archit., no. March, pp. 1–16, 2007.
[5] B. Febrian, B. L. Sinaga, and I. Wisnubadhra, “Perancangan Arsitektur Bisnis Perguruan Tinggi Dengan Togaf (Studi Kasus : Politekkes Kemenkes Palangka Raya),” Pros. Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu Call Pap. Unisbank, pp. 1–6, 2015.
[6] R. Yunis, K. Surendro, and E. S. Panjaitan, “Pengembangan Model Arsitektur Enterprise Untuk Perguruan Tinggi,” JUTI J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 8, no. 1, p. 9, 2010, doi: 10.12962/j24068535.v8i1.a70.
[7] Deris Santika, “Perancangan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Sekolah Dengan Menggunakan TOGAF ADM (Studi Kasus : SMK Informatika Sumedang),” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK2, vol. 10, no. 2, pp. 12–25, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.stmik-sumedang.ac.id/index.php/infomans/article/view/43/35
[8] T. O. Group and A. Forum, “Business Executive ’ s Guide to IT Architecture,” no. December, 2004, [Online]. Available: https://pubs.opengroup.org/onlinepubs/007695699/toc.pdf
[9] F. Prameswari and A. F. Wijaya, “Perencanaan Strategis SI/TI Menggunakan Metode Ward and Peppard (Studi Kasus : Bale Hidroponik Salatiga),” J. Inf. Technol. Ampera, vol. 3, no. 1, pp. 55–65, 2022, doi: 10.51519/journalita.volume3.isssue1.year2022.page55-65.
[10] Y. M. Vianney, “Analisis Penerapan Value Chain Management Pada Desa Wisata Bleberan, Gunung Kidul Yogyakarta,” J. Manaj. Pelayanan Hotel, vol. 4, no. 1, pp. 1–11, 2020, [Online]. Available: http://mapindo.ejurnal.info/index.php/manajemen_pelayanan_hotel/article/view/65