Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pelanggan Terbaik Menggunakan Metode MOORA Studi Kasus CV Sinar Indah Sejahtera

Isi Artikel Utama

Sahroni
Anief Fauzan Rozi

Abstrak

CV Sinar Indah Sejahtera merupakan salah satu usaha yang bergerak pada bidang perdagangan/pemasaeran yang mana cv sinar sejahtera berperan sebagai penyedia dan juga sebagai distributor bahan sembako. Untuk bahan sembako diantaranya beras, gula, garam, kacang tanah, kacang hujau, dan juga berbagai bahan sembako lainya. Dalam rangka meningkatkan mutu penjualan serta menjaslin komunikasi dan rasa percaya pada konsumen maka CV Sinar Indah Sejahtera memiliki inisiatif untuk memberikan diskon/potongan harga pada pelanggan terbaik yang dimiliki CV Sinar Indah Sejahtera. Berdasarkan gagasan diatas maka sebab itu dibutuhkan sutu sistem yang dapat mengolah data pelanggan yang mana menghasilkan Output keputusan pelanggan terbaik CV Sinar Indah Sejahtera. Salah satu peran Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah untuk mengelolah data menggunakan metode perhitungan tertentu yang mana nantinya akan menghasilkan rekomendasi urutan keputusan. Dalam hal ini CV Sinar Indah Sejahtera akan menggunakan sistem penunjang keputusan menggunakan metode perhitungan MOORA untuk menentukan pelanggan terbaik. Dari hasil uji yang telah dilakukan dari 5 data alternatif yang ada maka didapatkan hasil terbaik yaitu Bu afui dengan nilai 35,9678 dan diurutan kedua adalah Aseng dengan nilai 29,5007 dan untuk persentase kinerja sistem sebesar 80% yang mana telah dijelaskan pada sub-bab 4.2.4.2 Validasi Hasil Peringkat Dengan Fakta.


 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

[1] C. Fadlan, A. P. Windarto and S. I. Damanik, " STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar," Penerapan Metode MOORA pada Sistem Pemilihan Bibit Cabai, pp. 42-46, 2019.
[2] W. S. Hardianto and C. Budihartanti2, "STMIK Nusa Mandiri Jakarta," PENERAPAN METODE MOORA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN , pp. 75-86, 2020.
[3] M. A. Aries, "Apa Itu Pelanggan: Pengertian, Jenis Dan Karakter Pelanggan," 13 juni 2021. [Online]. Available: https://belajarekonomi.com/pelanggan/.
[4] M. Riadi, "Sistem Pendukung Keputusan (SPK)," 18 September 2016. [Online]. Available: https://www.kajianpustaka.com/2013/09/sistem-pendukung-keputusan-spk.html.
[5] M. A. Aries, "Apa Itu Pelanggan: Pengertian, Jenis Dan Karakter Pelanggan," Belajar Ekonomi, 13 juni 2021. [Online]. Available: https://belajarekonomi.com/pelanggan/.
[6] c. dsn, "DSS MOORA Method," cahyadsn.phpindonesia.id, 12 Maret 2018. [Online]. Available: https://cahyadsn.phpindonesia.id/extra/moora.php.
[7] C. Fadlan, A. P. Windarto and S. I. Damanik, "STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar," Penerapan Metode MOORA pada Sistem Pemilihan Bibit Cabai, pp. 42-46, 2019.
[8] S. Manurung, "jurnal.umk.ac.id," Vol 9, No 1 (2018) > Manurung, 1 April 10`8. [Online]. Available: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/1967/1321.
[9] L. Nababan and S. Sinambela, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELAYAKAN," Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK) Vol. 2 , No. 2, Juli 2018, pp. 20-27, 2018.
[10] H. Pohan1 and D. E. Sinaga, "Penerapan Metode Moora Dalam Menentukan Parfume Terbaik," tunasbangsa.ac.id, 2 April 2020. [Online]. Available: https://tunasbangsa.ac.id/pkm/index.php/kesatria/article/view/21/21.
[11] M. Riadi, "Sistem Pendukung Keputusan (SPK)," KajianPustaka.com , 1 September 2016. [Online]. Available: https://www.kajianpustaka.com/2013/09/sistem-pendukung-keputusan-spk.html.
[12] I. Rosita, Gunawan and D. Apriani, "Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Mulia," Penerapan Metode Moora Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Media Promosi Sekolah (Studi Kasus: SMK Airlangga Balikpapan), pp. 55-61, 2020.
[13] S. Wardani, I. Parlina and A. Revi, "Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan," ANALISIS PERHITUNGAN METODE MOORA DALAM PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BANGUNAN DI TOKO MEGAH GRACINDO JAYA, pp. 95-99, 2018.