Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Website Pada Satu Potret Fotografi

Isi Artikel Utama

Scholastica Larissa Zefira Lewoema
Raditha
Putri

Abstrak

Satu Potret Fotografi adalah perusahaan jasa fotografi yang menyediakan berbagai layanan foto, seperti foto keluarga, foto produk, foto wisuda, dan layanan lainnya. Untuk memperbaiki kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan, perusahaan ini ingin menerapkan sistem informasi yang berbasis CRM (Customer Relationship Management). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi CRM  menggunakan Wordpress sebagai platform pembuatan website yang populer dan mudah digunakan. Sistem informasi CRM ini memiliki fitur-fitur seperti reservasi jasa fotografi, testimoni pelanggan, dan paket katalog.  Sistem informasi CRM ini diharapkan dapat mendukung perusahaan dalam menawarkan promosi yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dapat meningkatkan pelayanan, penjualan, serta dapat membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan pelanggan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

[1] A. R. Ariga, A. Supaidi, I. Aslamiah, and A. Ibrahim, “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pelayanan Pelanggan (Corporate) Divisi BGES pada PT Telkom Witel Sumsel,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 9, no. 2, pp. 1-10, Des. 2018, [Online]. Available: doi.org/10.21009/JRMSI.009.1.05
[2] A. Hijriani and F. A. Maulana, “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Usaha Mikro Bidang Retail Studi Kasus CV Duta Square Bandar Lampung,” Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, vol. 10, no. 2, pp. 202-207, Mar. 2018, [Online]. Available: https://jurnal.fmipa.unila.ac.id
[3] M. Rizqullah, N. Wahyu, and R. Y. Septa, “Strategi IMC Launcher dalam Menghadapi Persaingan Jasa Fotografi di Kota Serang,” Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, vol. 10, no. 2, pp. 103-109, Mar. 2018, [Online]. Available: http://eprints.untirta.ac.id
[4] A. I. Amin, E. Darmawan, and H. Budianto, “Implementasi CRM (Customer Relationship Management) pada Sistem Informasi Reservasi Fotografi Berbasis Web di Toko Aini Photo Kuningan,” Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, vol. 10, no. 2, pp. 202-207, Mar. 2018 [Online]. Available: https://doi.org/10.25134/nuansa
[5] A. Kurniawan, “Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk pada PT. Proderma Sukses Mandiri,” Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, vol. 7, no. 2, pp. 123-134, Jun. 2023. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id
[6] M. Warsela, A. D. Wahyudi, and A. Sulistiyawati, “PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENDUKUNG MARKETING CREDIT EXECUTIVE (STUDI KASUS: PT FIF GROUP),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, p. 78, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
[7] R. Somya and S. Chandra Utama, “PERANCANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEB DENGAN LIBRARY JQUERY RESPONSIVE DATATABLES,” 2019.
[8] P. Sulistyorini, C. Yulianto Rusli, M. Rifqi Maulana, S. Informasi, S. Widya Pratama Teknik Informatika, and S. Widya Pratama, “ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMBIMBING AKADEMIK DENGAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT,” 2021, [Online]. Available: http://ejournal.stmik-wp.ac.id
[9] Y. Elva, N. Trisna, F. IlmuKomputer, and U. Putra Indonesia YPTK padang, “CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK PENING-KATAN PENJUALAN HASIL UMKM BADAN USAHA MILIK DESA (BUM-DES),” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR
[10] A. Agus Irawan, “SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB (STUDI KASUS SMA FATAHILLAH SIDOHARJO JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN),” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 1, no. 2, pp. 245–253, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika