Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Layanan Produk Indihome Menggunakan Metode K-Nearst Neighbor
Isi Artikel Utama
Abstrak
PT. Telkom adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi dengan produk IndiHome yang merupakan gabungan dari jenis produk dan layanan telecommunication, information, media dan edutainment menjadi satu terdiri dari layanan internet, internet voicete dan internet interaktif (UseeTV cable) atau Triple Play. Pengembangan strategi pemasaran yang maksimal memerlukan bauran pemasaran efektif dan efesien. Pada prinsipnya, strategi pemasaran memberikan arah dalam kaitannya dengan variabel-varibel seperti segmentasi pasar, target, positioning, dan elemen bauran pemasaran. Untuk menunjang penelitian ini, maka variabel yang digunakan adalah variabel operasional untuk analisis ekternal dan internal, Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Data primer diperoleh langsung dari subjek penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dilihat dari banyaknya permintaan konsumen akan produk layanan berdasarkan data penjualan selama 1 tahun terakhir maka dibutuhkan prediksi untuk penjualan produk layanan terlaris, guna untuk mempermudah pihak perusahaan dalam perencanaan penyediaan layanan. Untuk mengetahui penjualan produk layanan terlaris digunakan teknik klasifikasi data mining dan algoritma K-Nearest Neighbor. Hasil dari penelitian ini adalah prediksi penjualan layanan terlaris sebanyak 1 jenis produk dari 3 jenis produk yang terjual yaitu Internet, Internet Voice, Internet Voice Useetv. Berdasarkan nilai akurasi terhadap klasifikasi penjualan produk terlaris sebesar 99,99 %.